PESAN PADA HARI DEMOKRASI INTERNASIONAL

PESAN PADA HARI DEMOKRASI INTERNASIONAL

15 September

Demokrasi telah menunjukkan pengaruh yang lebih besar jika dibandingkan dengan beberapa dekade sebelumnya. Karena itu Hari Internasional ini mendorong kita harus mencari upaya lain untuk memperkokoh demokrasi dan menemukan cara dalam menghadapi tantangan sistemik.

Temuan tersebut bermanfaat untuk menanggulangi ketidaksetaraan, baik dalam aspek ekonomi maupun politik. Berfaedah untuk membuat demokrasi kita lebih inklusif, dengan membawa kaum muda dan terpinggirkan ke dalam sistem politik, serta membuat demokrasi lebih inovatif dan responsif terhadap berbagai tantangan yang muncul.

Bekerja untuk sebuah masa depan yang tidak meninggalkan siapa pun dibelakang menuntut kita untuk memperhitungkan berbagai masalah penting yang mendesak. Misalnya, apa dampak migrasi atau perubahan iklim terhadap demokrasi pada generasi berikutnya? Bagaimana cara terbaik untuk memanfaatkan potensi teknologi baru seraya menghindari bahayanya? Bagaimana membangun pemerintahan yang lebih baik sehingga demokrasi memberikan kehidupan yang lebih baik dan sepenuhnya memenuhi aspirasi publik?

Pada Hari Demokrasi Internasional ini, mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menggalang kekuatan demi masa depan demokrasi.